Peralatan Pribadi Yang Wajib Sebelum Mendaki Gunung Bagi Pemula

Lampung- Mendaki, apa sih yang kita dapatkan dari mendaki? Banyak orang yang berpendapat buat apa sih mendaki, cuma bikin capek aja mending di kota. Nah itu yang belum tahu arti mendaki. Kegiatan outdoor yang sangat menyenangkan yang dapat menambah wawasan kita, dan mensyukuri nikmat yang Tuhan ciptakan untuk kita nikmati. Di gunung kita bisa belajar menjaga alam hang indah ini supaya tidak buang sampah sembarangan, karena gunung bukan tempat sampah jadi buat para pendaki bawa turun lagi sampah mu. Di gunung juga kita bisa lebih akrab dengan temen kita dan bisa menilai sikap atau karakter dia. Untuk melihat sunset dan sunrise di gunung perlu perjuangan untuk mendapatkan nya. 

Sumber: www.google.com

Nah buat para pemula yang ingin mendaki pasti binggung barang apa saja yang harus dibawa saat mendaki. Walaupun peralatan mendaki harganya cukup mahal mahal tetapi banyak orang yang mau membeli, karena sudah jatuh cinta dengan keindahan puncak. Yang tidak kita dapatkan dikota yang cuma ada gedung gedung pencakar langit dan suara mobil yang bringsik, jelas di kota udaranya sangat kotor, dibandingkan dengan di Gunung yang masih alami belum terkena polusi udara. Nah apa saja barang yang harus dibawa oleh pendaki pemula, ya seperti saya yang akan melakukan pendakian di gunung Merbabu. 
Peralatan Pribadi yang wajib di bawa oleh rekan pendaki.

1. Carrier atau Tas Gunung 

 Sumber: www.google.com


Biasanya berukuran diatas 50 Liter, carrier ini terbuat dari bahan nylon poliester yang kuat dan tahan sobek, di Indonesia sudah banyak produk outdoor salah satunya, EIGER, AREI, CONSINA dan masih banyak yang lainnya.
Jika kita mau mendaki ketempat yang tinggi kita juga harus menyesuaikan tas yang kita supaya bisa menampung barang yang banyak. memilih Carrier juga harus sudah ada rain covernya buat jaga jaga kalau hujan, dan juga untuk melindungi debu yang menempel di carrier kita. 



2. Sleeping bag
sumber:www.Instagram.com

Sleeping bag atau yang sering disebut katong tidur yang sangat berguna untuk menghangatman badan kita pada saat di camp, sudah pasti di gunung udaranya sangat dingin jadi sleeping bag ini wajib di bawa oleh rekan pendaki. Untuk mencegah terjadinya hyoptermia. 

3. Sepatu Trekking atau Sepatu Gunung
Sumber:www.instagram.com
Sudah pasti kalo kita melakukan kegiatan outdoor harus memakai sepatu gunung, bukan sepatu kantoran atau sepatu kets. Untuk menjaga hal hal yang tidak di inginkan. Karena medan di gunung yang berat memilih sepatu gunung pun juga yang berkualitas. 

4.  Jaket Gunung
Sumber:www.google.com


untuk membuat badan kita selalu hangat di saat trekking maupun tidur. Memilih bahan yang bagus diperlukan supaya jaket yang kita pakai nyaman. 
Saya sarankan membeli jaket waterpruf merek Arei yang harganya tidak terlalu mahal tetapi bahannya cukup bagus dan nyaman dipakai. 


Nah itu tadi pelatan pribadi yang wajib di bawa oleh rekan pendaki gunung yang masih pemula. Jadi jangan kesampingkan barang tersebut karena sangat penting. Dan sekali lagi jangan buang sampah sembarangan di gunung. Tunggu posting an saya selanjutnya mengenai pelayan kelompok bagi yang ingin melakukan pendakian 

Salam Lestari... 
Saya Krismon M Rolis 

0 Response to "Peralatan Pribadi Yang Wajib Sebelum Mendaki Gunung Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel