Wisata Sejarah Yang Ada di Tulang Bawang Barat dan Satu-Satunya di Lampung

Tulang Bawang Barat- Kabaputen baru ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Tulang Bawang. Kabupaten Tulang Bawang sendiri mempunyai luas wilayah ± 6.851,32 km2 dengan jumlah penduduk pada tahun 2007 berjumlah 860.854 jiwa, terdiri atas 28 (dua puluh delapan) kecamatan. Kabupaten ini memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk mendukung peningkatan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dan di Tulang Bawang Barat muncul beberapa tempat yang bersejarah dan kini tempat itu ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin melihat secara lansung, dan mengabadikannya lewat kamera.

1. Tulang Bawang Barat mempersembahkan suatu mahakarya yang sangat luar biasa yaitu patung empat marga atau megow pak.

Empat marga atau megow pak merupakan suatu organisasi [image source]  atau persekutuan masyarakat hukum adat yang terbentuk dengan tujuan mempertahankan hak-hak masyarakat hukum adat tulang bawang yang kala itu akan terampas di masa pemerintahan kolonial belanda..
Seperti nama nya megow pak,  Atau empat marga terdiri dari empat tokoh dari keturunan asal atau persekutuan besar yaitu:
  • Buay Rujung dengan wilayah tegamo'an
  • Buay bolan dengan wilayah Buay bolan udik dan Buay bolan ilir. 
  • Sembilan umpu dengan wilayah way umpu/mesuji.
  • Buay sepertung dengan wilayah Aji. 
Kepemerintahan kemargaan yang di kepalai oleh Persirah (kepala kepemerintahan umum sekaligus sebagai kepala adat) ini tidak berlaku lagi setelah di keluarkannya Keputusan Residen No 152 dan 153/1952, namun dengan dihapusnya sistem kepemerintahan itu tidak ikut menghapuskan sistem adat yang berlaku dalam wilayah hukum adat Megow Pak Tulang bawang baik yang berkenaan dengan prilaku budaya maupun hak-hak masyarakat adatnya. Terutama tentang penggunaan hak tanah dalam wilayah hukum adat Megow Pak Tulangbawang.

Maksud dan tujuan berdiri nya patung megow pak atau [image source] empat marga ini mungkin untuk mengabadikan atau melestarikan lembaga megow pak tulang bawang yang sampai saat ini masyarakat hukum adat megou pak masih ada dan diakui keberadaanya.

2. Candi Cakat Raya ternyata di Lampung juga ada candi yang mirip di Jawa Tengah, disini para pengunuung dapat berpoto dengan background Candi Cakat Raya yang sangat indah . Dengan terus ramainya penunjung Pemerintah Tulang Bawang Barat terus membangun tempat wisata ini.
candi cakat raya tuba
3. Islamic Center Tulang Bawang di Lampung yang memiliki Islamic Center termegah dan terbagus menurut saya ya guys, kalau kawan-kawan sudah pernah berkunjung kesana pasti bisa menilai sendiri keindahan Islamic Center nya
Islamic Center Tuba

Walaupun jarak Tulang Bawang Barat dari Bandar Lampung sangat jauh tetapi masih banyak pengunjung yang ingin melihat keindahan objek wisata di Kabupaten terbaru yang ada Provinsi Lampung


0 Response to "Wisata Sejarah Yang Ada di Tulang Bawang Barat dan Satu-Satunya di Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel