Keseruan Festival Saptonan Khas Kabupaten Kuningan


Festival Saptonan merupakan salah satu budaya khas Kota Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Indonesia. Kali ini festival Saptonan Diadakan festival ini sebagai upaya pelestarian nilai nilai budaya tradisional daerah, serta acara ini sekaligus memeriahkan hari jadi kota Kuningan ke-520.

Sejarah Saptonan dan panahan tradisional Ini sebenarnya adalah pesta rakyat tradisional, Saptonan sendiri lahir dari jaman kerajaan. pada jaman kerajaan dahulu para Demang dan Ponggawa mengadakan upacara Saptonan sebagai wujud patuh dan taat pada Raja mereka. Mereka memberikan persembahan kepada Raja sebagai simbol atas tercapainya kemakmuran rakyatnya. Tradisi tersebut dipertahankan sebagai wujud untuk melestarikan budaya daerah sehingga generasi muda mengerti bahwa budaya itu sangat penting sebagai identitas daerah.


Salah satu yang ditampilkan dalam pagelaran kebudayaan Saptonan, seperti ketangkasan berkuda, berkuda disimbolkan sebagai kesatria yang siap bertempur mempertahankan negara, Selain itu hewan kuda juga sebagai simbol lambang Kabupaten Kuningan.
Maka dari itu dikatakan pula kuda sebagai maskot karena syarat akan sejarah dan maknanya.

Dahulu pada jaman Adipati Ewangga yang memerintah Kabupaten Kuningan mempunyai kuda kesayangan dengan nama Windu. Walaupun kudanya berukuran kecil tapi gerakan kuda tersebut sangat lincah dan cepat. Seperti disimbolkan dengan ‘Kuda’ orang-orang Kuningan walaupun kecil-kecil tetapi semangat juangnya kuat. 
Video Festival Saptonan Kabupaten Kuningan

 

0 Response to "Keseruan Festival Saptonan Khas Kabupaten Kuningan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel