Estimasi Waktu Pendakian Gunung Semeru (Malang, Jawa Timur)


Mendaki gunung adalah kegiatan alam bebas yang menyenangkan bisa mendapatkan ketenangan jiwa jika kita mau melakukan perjalanan ke Gunung, kenapa kok bisa menyenangkan? Karena di gunung banyak yang bisa kita pelajari misalnya saja menguji kesabaran kita saat melalukan tracking dengan jalur yang berat dan menguras tenaga, bisa lebih menghargai alam dengan tidak membuang sampah sembarangan jika kalian sedang tinggal di kota membuang sampah sembarangan itu adalah hal yang biasa tetapi di gunung rasa kesadaran untuk menjaga alam bersih dari sampah itu timbul. Pemandangan yang bagus tapi kalau ada sampahnya membuatnya tidak bagus lagi. Okey kemaren pada bulan Desember 2018 saya mendaki Gunung Semeru di Kabupaten Malang dengan ketinggian 3676 Mpdl Gunung Semeru masuk sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Banyak pendaki yang menjadikan gunung Semeru jadi tujuan akhir tahun, hal ini dibuktikan untuk simaksi di bulan Desember mendekati pergantian tahun kuota di Semeru full jadi setiap harinya ada 600 pendaki datang ke Semeru.

Estimasi waktu jika teman teman tiba di Malang pada pagi hari.
STASIUN MALANG - RANUKUMBOLO
  1. Pagi sekitar jam 10 naik angkot dari Stasiun Malang ke daerah Tumpang yang nantinya pejalanan dari Tunpang ke Ranupane menggunakan Jeep. Stasiun Malang -Tumpang (40 Menit).
  2. Sampai Tumpang jam setengah 11 disana teman teman bisa packing ulang dan menitipkan barang yang tak perlu di bawa pendakian. Meringankan carrier biar gak sakit punggungnya.
  3. Perjalanan Tumpang Ranupane sekitar 2 jam menggunakan jeep. Dengan jalurnya lumayan extrim tetapi sopir jeep di sana sudah mahir walupun dengan kecepatan tinggi kita tidak perlu khawatir.
  4. Sampai Ranupane jam 2 siang kalian bisa langsung mengurus Simaksi yang sudah di booking sejak lama, pastikan teman teman membawa dokumen atau persyaratan yang di butuhkan dengan lengkap dan benar. Jangan sampai ada satu persyaratan yang membuat kalian batal mendaki dan harus mengurusnya, jadi waktu kalian hilang sehari kalo sampe gagal.
  5. Ranupane ke Ranukumbolo 5 jam dengan jalan santai dan banyak istirahatnya. 
  6. Pintu masuk ke pos 1 bisa ditempuh dengan waktu 1 jam 
  7. Pos 1 ke Pos 2 bisa ditempuh 30 menit
  8. Pos 2 ke Pos 3 bisa di tempuh 2 jam lebih karena ini jaraknya lumayan jauh dan banyak istirahatnya
  9. Pos 3 ke pos 4 bisa di tempuh 1 jam 
  10. Dan Pos 4 ke Ranukumbolo 30 menit
RANUKUMBOLO - KALIMATI 
  1. Tracking dimulai jam 9 ke Kalimati
  2. Ranukumbolo ke Cemoro Kandang bisa di tempuh 30 menit
  3. Cemoro Kandang ke Jambangan bisa 1 jam lebih
  4. Jambangan ke Kalimati 30 menit
KALIMATI - SUMMIT MAHAMERU
  1. Summit di mulai dari Kalimati pukul 11 malam
  2. Perjalanan dari Kalimati sampai puncak bisa ditempuh dalam 6 jam bahkan bisa lebih jika teman teman banyak istirahatnya
  3. Track pasir bebatuan jadi disarankan menggunakan gaither atau pelingkung kaki agar tidak kemasukan pasir sepatu kita dan juga mmbawa tracking pole agar mudah dalam menyimbangkan badan
  4. Kemiringan bisa mencapai 80 derajat jadi selalu berhati hati dalam melakukan summit.
Artikel ini saya buat untuk memberi informasi kepada teman teman yang mau mendaki ke gununf semeru, semoga bisa bermanfaat jika ada yang kurang bisa teman teman tambahkan di kolom komentar. Salam lestasi 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Estimasi Waktu Pendakian Gunung Semeru (Malang, Jawa Timur)"

Posting Komentar