Ekspedisi Puncak Tanggamus 2101,5 Mdpl (Puncak Tertinggi ke 2 di Lampung

Tanggamus- Pada hari jumat tepatnya tanggal 14 Juli 2019 saya pergi ke Gunung Tanggamus yang merupakan puncak tertinggi ke 2 di Provinsi Lampung, tentunya persiapan sudah jauh jauh hari saya lakukan mulai dari mencari rekan yang mau saya ajak mendaki kali ini, akhir saya mendapatkan teman yang mau saya mendaki, Risky Nirmala yang terpanah mendaki bareng saya ke Semeru di tahun 2018, Vika Nadiana teman juga yang pernah ke Gunung Seminung pada bulan maret kemaren, Muklis teman SMA yang perdana ikut mendaki, yang terakhir Fiqi temen nya Risky Nirmala.

Jam 10 pagi kita berangkat menggunakan sepeda motor menuju ke Kabupaten Tanggamus yang jaraknya lumayan jauh, di tengah perjalanan kami berhenti untuk sholat jumat terlebih dahulu, karena saya gak sholat jadi saya dan Risky belanja untuk kebetuhuan logistik yang nanti kita bawa di gunung tanggamus, kami sampai di Basecamp Pokdarwis tepat jam 16:00 wib kami segera mengurus simaksi disana cuma dikenai biaya parkir 10.000 permotor. Setelah treking 2 jam kita semua sampai di area campground jarak dari basecamp ke campground tidak lah jauh. Setalah itu kami semua diriin tenda lalu masak.

Pada ke esokan harinya kami bangun jam 05:00 wib masak sambil liat sunrise yang indah, karena tujuan kami akan muncak ke Tanggamus jadi jam 08:00 Wib kita berangkat menuju puncak, sedikit cerita di gunung tanggamus jarang sekali orang yang mau mendaki sampe puncak karena trek yang sangat sulit dan jauh, di puncak juga tidak dapat bonus atau pemandangan nya tidak ada. Perjalanan kami temput sekitar 7 jam itu pun jalan santai, berikut ini estimasi perjalanan dari area campground menuju puncak:
Perjalanan yang sangat luar biasa untuk mencapai puncak Gunung Tanggamus, jarang pendaki yang mau ke puncak karena trek nya sangat sadis cuy, untuk menuju puncak dari area Camp Ground memakan waktu 6 jam dengan jalan santai, tanjakan disana super ekstrim di dominasi oleh akar, serta terdapat hutan lumut diantara pos 4 dan 5. Untuk jalan menuju puncak sudah jelas dan satu jalur terdapat tanda tali rapia, ada 5 pos untuk mencapai puncak tanggamus.

Berangkat jam 8 pagi sampai puncak jam 3 sore dengan jalan santai, jarak tempuh antara pos;
Camp Ground - Pintu Rimba (20 Menit
Pintu Rimba - Pos 1 (30 Menit
Pos 1 - 2 (30 menit
Pos 2 - 3 (35 menit
Pos 3 - 4 (3 jam
Pos 4 - 5 (40 menit
Pos 5 - Puncak ( 30 Menit

Dipuncak hanya 30 menit kami semua langsung bergegas turun karena cuaca yang sudah mulai mendung dan juga hari sudah mulai gelap, betul saja di tengah perjalanan hujan datang, bodahnya saya tidak membawa ponco atau jas hujan alhasil sampe bawah badan saya basah semua, kami memutuskan langsung menuju basecamp karena tenda kami di campground basah semua kami sampai di Basecamp jam 20:00 Wib dan langsung istirahat di Basecamp besok nya langsung pulang ke Metro.
Itu petualangan saya dan masih ada lagi petualangan di gunung seminung yang belum sempat saya bikin artikelnya jadi sabar ya gaes, dijamin lebih seru hehe

#pendakikusam #pendakisantai #mountnesia #pendakikeren #pendaki_id #pendakilampung #exploregunung #lampung #potretlampung #mountaineering #diatasketinggian #PesonaIndonesia #parapejalanlampung #camerapendaki #gunungtanggamus #mt.tanggamus

0 Response to "Ekspedisi Puncak Tanggamus 2101,5 Mdpl (Puncak Tertinggi ke 2 di Lampung"