Industri Kelapa Sawit Menjadi Salah Satu Faktor Penting Dalam Masa Depan Perekonomian Indonesia

Jejakkrismon.com- Hallo sobat Blogger, tahukah kalian penyumbang devisa terbesar di Indonesia di sektor apa? “Salah satu penyumbang devisa terbesar di Indonesia adalah sektor Perkebunan Kelapa Sawit” dan di Indonesia merupakan produsen kelapa sawit terbesar di dunia memenangkan negara lain, kita patut bangga apa yang di miliki oleh negara kita Republik Indonesia. Tentu dengan luasnya perkebunan kelapa sawit memberikan dampak yang positif salah satunya peningkatan perekonomian luas kehadiran sawit juga mampu membuka banyak lapangan pekerjaan baru

Industri minyak sawit merupakan industri yang strategis dalam perekonomian Indonesia baik saat ini atau di masa depan, dikatakan sebagai industri strategis karena kontribusi industri minyak sawit yang cukup besar baik dalam ekspor non migas. Luas perkebunan sawit Indonesia 11,91 juta HA, dan Produksi minyak sawit Indonesia tahun 2019 diprediksi akan sebesar 45 juta ton, yang mana sedikit lebih kecil dibanding tahun 2018 yang sebesar 47 juta ton. Dengan jumlah sebesar itu, Indonesia menjadi negara produsen minyak sawit terbesar di dunia, disusul oleh Malaysia dengan produksi 19,5 juta ton pada tahun 2018.
Ada tiga hal penyebab industri kelapa sawit menjadi industri yang bernilai tinggi di Indonesia :
  1. Minyak sawit merupakan sumber minyak nabati non-fat untuk makanan terbesar di dunia.
  2. Indonesia saat ini tercatat sebagai negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia dan menguasai 38% pangsa minyak nabati global. 
  3. Idustri kelapa sawit memberikan pendapatan serta penyerapan tenaga kerja terbesar kepada perekonomian Indonesia
Akan banyak sekali  manfaat jika kita  sering mengkonsumsi minyak sawit karena dalam 1 sendok minyak sawit mempunyai  kandungan dan nutrisi yang sangat di butuhkan oleh tubuh untuk memenuhi gizi seseorang.

Manfaat Kesehatan dalam satu sendok minyak kelapa sawit antara lain:

  1. VITAMIN E : terdapat delapan antioksidan dalam Vitamin E yang berfungsi untuk melindungi kulit, dan kandungan vitamin e itu ditemukan dalam minyak kelapa sawit. 
  2. VITAMIN K : Vitamin K dalam satu sendok minyak kelapa sawit berfungsi sebagai penambah kekuatan vitamin yang sudah ada. 
  3. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantungan Minyak kelapa sawit memiliki kadar kolestrol baik, minyak kelapa sawit masih aman bagi jantung dan pembuluh darah. Asal dalam penggunaannya tidak berlebihan.
  4. Lemak Sehat : satu sendok minyak kelapa sawit mengandung 13g lemak jenuh dan tak jenuh tunggal yang dapat menurun kan kolesterol.
Mempunyai banyak manfaat bukan, bagi tubuh kita jadi kita harus sering sering mengkonsumsi minyak kelapa sawit, biar tubuh kita selalu sehat.

Sebenarny kelapa sawit bisa di manfaatkan menjadi produk apa saja sih? 
Bagi kawan-kawan yang belum tahu buah dari kelapa sawit ini bisa di buat menjadi produk apa aja, yuk simak penjelasan dari saya mengenai produk yang terbuat dari kelapa sawit. Buah satu ini ternyata sangat bermanfaat kita tidak bisa terlepas dari buah kelapa sawit karena setiap hari kita pasti membutuhkan nya. Kelapa sawit juga menjadi bahan baku untuk banyak produk yang beredar di pasaran, jadi tidak mengherankan jika permintaan akan komoditas ini bertambah setiap tahunnya.

Produk turunan dari kelapa sawit:

1. Minyak Goreng
Sudah bukan rahasia jika minyak goreng adalah salah satu produk yang berasal dari palm tree. Manusia menggunakan minyak goreng untuk memenuhi kebutuhannya siang dan malam. Minyak goreng juga merupakan salah satu olahan turunan dari sawit yang paling banyak digunakan di dunia.
2. Produk Kosmetik
Siapa yang sangka bahwa produk kecantikan yang dipakai wanita juga sebagian besar menggunakan sawit sebagai bahan bakunya. Sabun kecantikan salah satunya. Selain itu lotion dan krim untuk wajah juga menggunakan tanaman ini sebagai bahan bakunya.
3. Biodiesel 
Diesel dan beberapa alat berat sangat memerlukan bahan bakar yang menghasilkan tenaga yang lebih besar seperti Biodiesel, dan Biodiesel sendiri terbuat dari sawit. 
4. Pomade 
Ini yang sering banget di gunakan oleh ada muda yang ingin tampil dengan rambut bergaya trendy mungkin banyak yang belum tahu kalau pomade terbuat dari bahan baku sawit juga

Kita patut bangga tinggal di negera yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah salah satunya perkebunan kelapa sawit ini yang akan terus berkembang dan bisa mengeskpor hasil olahan sawit ke dunia. Dengan luas lahan dan produksi tahunan yang terus meningkat, sektor perkebunan kelapa sawit ini Indonesia akan menjadi pengekspor minyak kelapa sawit terbesar di dunia, dan bisa menghasilkan pendapatan bagi negara Indonesia. "SAWIT KUAT INDONESIA HEBAT" 

Terimakasih saya ucapkan kepada penyelenggara Sawit Baik yang telah membuat Lomba Blog yang bertema "Sawit Kuat Indonesia Hebat" #bicarasawit, 
menjadi seorang Blogger ini tentu menjadi peluang untuk tulisan nya dan biar dapat bersaing dengan peserta lain nya.
Semoga artikel yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi banyak orang dan apabila dalam hal penyampaian informasi serta penulisan yang salah saya mohon maaf sebesar-besar🙏


0 Response to "Industri Kelapa Sawit Menjadi Salah Satu Faktor Penting Dalam Masa Depan Perekonomian Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel