Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tau! Aplikasi Android Terbaik untuk Menunjang Bisnis UMKM Anda

www.suara.com


JejakKrismon - Di era digital saat ini, untuk kegiatan bisnis UMKM pun mau tidak mau harus beradaptasi. Karena jika tidak, maka bisnis tersebut bisa saja kandas ditengah jalan karena kesulitan mendapatkan costumers. Oleh karena itulah, kali ini kami akan membahas 5 aplikasi android yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan bisnis UMKM.

Aplikasi nya ini gratis tentunya jadi silahkan teman teman simak dengan baik dan buat download aplikasi nya di Play Store. Silahkan langsung aja disimak:

1. Buku Kas

Catat transaksi kalian masih pakai buku? Udah ketinggalan zaman cuy. Sekarang sudah ada aplikasi keren pembukuan UMKM gratis, yaitu aplikasi BukuKas.

Di aplikasi ini, kamu bisa mencatat transaksi keuangan bisnis, baik pengeluaran maupun penjualan. Transaksi keuangan tersebut tentunya bisa dilengkapi dengan catatan yang rinci, yaitu nama produk, nama pelanggan, sampai metode pembayaran pun bisa dicatat. 

Selain itu juga aplikasi ini juga bisa mencatat hutang, kamu juga bisa langsung menghubungi orang yang berhutang lewat aplikasi tersebut.

2. Canva

Aplikasi ini jagonya desain grafis Android. Kamu pastinya harus membuat feed Instagram yang keren dan menarik, agar orang-orang tertarik untuk membeli produk kamu. Untuk itu, kamu bisa menggunakan Canva untuk mendesain postingan kamu.

Jika kamu kesulitan untuk membuatnya dari awal. Tenang saja, Canva sudah menyediakan banyak template gratis yang bisa langsung kamu gunakan. Untuk ukurannya pun sudah disediakan oleh Canva, baik itu untuk logo, feed Instagram, InstaStory, Story WA, dll, sudah ada di aplikasi tersebut.

Oh ya, kamu perlu menggunakan internet untuk menggunakan aplikasi ini. Karena, ada beberapa fitur yang hanya bisa di akses secara online.

3. Microsoft OneNote

Kamu orangnya pelupa? Bahaya banget buat bisnismu. Karenanya, kamu harus menggunakan aplikasi untuk mencatat hal-hal yang penting. Aplikasi yang saya sarankan adalah Microsoft OneNote.

Kamu tidak perlu meragukan lagi kualitas aplikasi dari perusahaan raksasa Ini. Di Play Store saja, aplikasi ini sudah di unduh 500 juta kali, dan mendapatkan banyak review positif. Pastinya kamj bisa mencatat apapun di aplikasi ini. 

4. Aplikasi Pemasaran

Facebook dam Instagram merupakan aplikasi terbaik untuk memasarkan bisnis. Berdasarkan salah satu survey tahun lalu, jumlah pengguna facebook di Indonesia mencapai 140 juta, dan pengguna Instagram mencapai lebih dari 69 juta. Banyak banget kan?

Di Facebook, kamu bisa mempromosikan bisnismu melalui melalui postingan di grup, maupun di halaman kamu. Kamu juga bisa menggunakan FB Ads untuk menjangkau lebih banyak orang.

Sedangkan, untuk Instagram, kamu bisa membuat akun bisnis khusus untuk branding. Postinglah di feed Instagram setidaknya 2 kali sehari, dan di InstaStory 1 kali sehari. Jangan lupa juga untuk menggunakan hastag yang relevean dengan postinganmu. Untuk menjangkau lebih banyak orang, kamu bisa menggunakan layanan iklan berbayar Instagram Ads