Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Yuk, Kelebihan dan Kekurangan E-Wallet Berikut Ini!

Jejakkrismon.comMeskipun sekarang ini, penggunaan uang digital dan juga e-wallet menjadi hal yang lumrah terjadi. Dimana hampir setiap orang menggunakan kedua instrumen tersebut dalam melakukan sejumlah transaksi sehari-hari. Khususnya penggunaan e-wallet sebagai penyimpanan uang digital yang sering digunakan sebagai metode pembayaran e-commerce. Namun ternyata, ada beberapa kelebihan dan kekurangan e-wallet yang mungkin belum banyak yang mengetahuinya.

Bagi Anda yang menjadi pengguna e-wallet, tentunya kelebihan dan kekurangan ini wajib Anda ketahui. Agar nantinya, Anda tak begitu terkejut, bilamana mendapati hal-hal yang luput dari pemikiran Anda selama ini.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan E-Wallet yang Perlu Anda Ketahui!

Sebelum menggunakan e-wallet, ada baiknya Anda mencari tahu dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan dari dompet penyimpanan uang digital yang satu ini. Setidaknya agar Anda tidak merasa kecewa, bilamana nantinya, e-wallet tak seperti yang Anda pikirkan sebelumnya. 

Baca Juga : Cara Daftar Akun Bank Neo+ Terbaru Oktober 2021, Aplikasi Penghasil Uang Tercepat !

Bukan hanya itu saja, dengan mengetahui kelebihannya juga, diharapkan Anda bisa merasa terbantu untuk melakukan berbagai transaksi elektronik, dengan hanya mengandalkan e-wallet ini saja. Beberapa kelebihan dan kekurangan e-wallet ini diantaranya :

1. Kelebihan 

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh e-wallet secara tidak langsung membuat e-wallet menjadi salah satu metode pembayaran yang memiliki jumlah pengguna yang tidak sedikit. Bahkan, dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya, membuat e-wallet mejadi salah satu teknologi digital yang paling banyak digunakan, selain uang digital itu sendiri. Apa saja kelebihannya? Ini beberapa diantaranya :

a. Mudah Digunakan, 

Salah satu kelebihan dari e-wallet ini yaitu mudah digunakan. Dengan hanya mengandalkan smartphone yang Anda miliki, maka Anda bisa melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan e-wallet. Kapanpun dan dimanapun. Adapun caranya yaitu dengan melakukan pemindaian QR kode dari toko dimana Anda berbelanja, maupun dengan memindai barcode yang muncul di smartphone Anda. Sangat mudah, bukan?

b. Menghindarkan Antrean yang Panjang

Dengan menggunakan e-wallet, sebenarnya hal ini akan menghindarkan antrean yang panjang, yang biasanya terjadi pada pembayaran uang tunai di meja kasir. Karena dengan e-wallet ini, Anda bisa melakukan pembayaran dimana saja, secara cepat dan mudah.

c. Keamanan Lebih Terjamin

Bisa Anda bayangkan sendiri, bilamana Anda membawa uang tunai dalam jumlah banyak yang disimpan dalam dompet/tas Anda. Hal ini tentunya bisa mengundang aksi kejahatan yang mungkin saja mengintai Anda.
Namun berbeda halnya jika Anda menggunakan e-wallet. Tidak ada seorang pun yang tahu, bahwa Anda memiliki dana yang cukup banyak, yang tersimpan di e-wallet Anda. Bukan itu saja, dengan kode rahasia yang dimilikinya, membuat e-wallet tidak bisa diakses oleh siapa pun selain pemiliknya sendiri. Sangat canggih, bukan?

d. Adanya Jejak Rekam Transaksi

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh e-wallet adalah setiap transaksi yang Anda lakukan, akan tercatat di riwayat transaksi. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui, transaksi apa saja yang Anda lakukan di hari itu. Selain itu, dengan adanya jejak rekam transaksi ini juga, akan memungkinkan untuk mencari tahu siapa saja yang mungkin menggunakan e-wallet Anda untuk membayar sejumlah transaksi e-commerce. 
Meskipun memang hal ini jarang terjadi, karena e-wallet menggunakan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Sehingga tidak ada pihak manapun yang bisa mengakses e-wallet selain pemiliknya sendiri.

e. Beberapa E-Wallet Menerapkan Promo Khusus

Meskipun tidak semua e-wallet menetapkan kebijakan ini, namun sebagian besar diantaranya banyak menawarkan promo-promo khusus. Sehingga para penggunanya akan diberikan kemudahan, bilamana melakukan transaksi dengan menggunakan e-wallet ini.

2. Kekurangan

Selain kelebihan, tentunya e-wallet juga masih memiliki beberapa kekurangan. Beberapa diantaranya yaitu seperti berikut ini :

a.Tidak Bisa Diuangkan

Kekurangan yang pertama dari penggunaan e-wallet ini yaitu dana yang Anda simpan pada e-wallet ini biasanya tidak bisa diuangkan. Namun hanya bisa digunakan untuk pembayaran beberapa e-commerce saja. 
Meskipun bisa ditarik secara tunai, jumlah dana yang Anda miliki haruslah melebihi dana minimum yang ditetapkan. Bahkan tidak semua e-wallet yang kompatibel dengan beberapa bank. Sehingga bila dana tersebut ingin diuangkan, Anda harus mencari layanan bank yang memang menerima penarikan uang dari e-wallet ini.

b. Tidak Semua Merchant Menerima Pembayaran Melalui E-Wallet

Meskipun penggunaan uang digital dan e-wallet ini telah banyak digunakan, namun hingga kini, masih banyak merchant dan juga toko-toko yang belum menggunakan layanan ini. Sehingga saat Anda ingin melakukan pembayaran melalui e-wallet, beberapa merchant dan toko tersebut tidak bersedia menerima pembayaran dengan e-wallet tersebut.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan e-wallet ini. Semoga penjelasan diatas bisa membantu Anda dalam memilih e-wallet yang tepat bagi Anda. Karena seperti yang diketahui, setiap produk dan layanan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tinggal Anda yang nantinya memilih, mana yang memiliki lebih banyak kelebihannya, dibandingkan dengan kekurangannya.