Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Keuntungan Pakai Undangan Pernikahan Online Untuk Acara Nikahan Anda !

keuntungan-menggunakan-undangan-pernikahan-online
Jejakkrismon.com - Undangan pernikahan menjadi sebuah sebaran yang membantu Anda menginformasikan tentang acara pernikahan Anda secara resmi kepada orang-orang yang di kenal. Undangan ini biasanya berupa cetakan yang telah di desain sedemikian rupa untuk menambahkan kesan.

Undangan yang pada umumnya berisikan nama pasangan, sambutan pernikahan, tanggal pernikahan, dan juga alamat denah ke lokasi pernikahan. Untuk membuat undangan pernikahan Anda perlu menghubungi layanan cetak dan print undangan pernikahan, kemudian membayar biaya untuk cetak undangan.

Saat ini, karena perkembangan zaman yang semakin maju undangan pernikahan dapat di ubah menjadi versi online atau dapat di sebut undangan pernikahan online. Umumnya undangan pernikahan online ini dapat berbentuk website, gambar-gambar, dan video.

Baca juga :

Walau keberadaan website di dunia digital sudah cukup lama, akan tetapi konsep undangan pernikahan online ini baru-baru ada pada penghujung tahun 2020. 

Dikarenakan rencana dan persiapan nikah sudah terlanjur matang akan tetapi terhalang oleh keadaan pembatasan sosial berskala karena covid akhirnya mau tidak mau menuntut ide-ide kaum muda hingga muncul lah yang namanya undangan pernikahan online ini.

Apa Itu Undangan Pernikahan Online ?

Undangan pernikahan online adalah sebuah undangan pernikahan dalam bentuk halaman (bukan cetak), melainkan undangan nikah yang dapat di akses secara online cukup dengan menggunakan gadget.

Jenis undangan pernikahan ini berupa halaman landas seperti landing page, Anda dapat mengakses undangan pernikahan online layaknya mengakses sebuah situs website. Selain itu untuk dapat mengaksesnya Anda memerlukan alamat atau domain dari undangan pernikahan online.

Biasanya untuk akses undangan pernikahan online ini Anda perlu menggunakan sebuah alamat atau address yang akan digunakan contohnya ( saya-dan-dia.akanikah.com ).

Kemudian di dalam website itu akan nampak seperti melihat sebuah undangan nikah karena terdiri dari fitur-fitur seperti nama mempelai pria dan wanita, waktu jatuh tempo hari pernikahan, dan denah lokasi pernikahan.

Fitur Undangan Pernikahan Online

Terdapat beberapa fitur yang perlu Anda ketahui dan juga perbedaan antara undangan pernikahan online dan undangan versi cetak.

Berikut beberapa fiturnya:
  • Halaman Beranda, fitur ini berupa layout beranda dari sebuah undangan nikah online
  • Nama mempelai, saat Anda msngakses halaman beranda terdapat nama mempelai pria dan wanita
  • Sambutan-sambutan, terdapat teks yang berupa ucapan selamat datang dan informasi soal pernikahan
  • Penghitung hari, ini merupakan timer hitung mundur hingga sampai ke hari pernikahan
  • Buku tamu, biasanya Anda akan mengisi buka tamu pernikahan secara langsung tapi kalau versi online cukup langsung di websitenya
  • Kirim amplop, biasanya saat pernikahan amplop ini berisikan uang dan bedanya di undangan nikah online Anda cukup bisa transfer via rekening ataupun e-wallet
  • Denah lokasi, semakin digital banget karena kini denah lokasi pernikahan pakainya google maps sehingga kordinat lokasi lebih tepat
  • Latar musik, sebagai tambahan saat Anda mengakses website undangan pernikahan online Anda dapat mendengarkan musik yang menjadi backsoundnya, sangat keren !
Fitur-fitur undangan pernikahan online di atas mungkin sebagiannya dapat Anda temui di undangan cetak, tapi yang membedakan adalah fiturnya lengkap dan lebih menarik di bandingkan dengan undangan nikah cetakan.

Selain itu juga, Kita cukup membuka undangan pernikahan lewat online saja menggunakan ponsel genggam.

Adapun keuntungannya jika menggunakan undangan nikah online untuk acara pernikahan Anda. Kelebihannya bisa Anda simak sebagai berikut ini.

Keuntungan Menggunakan Undangan Pernikahan Online

1. Menghemat Biaya

Salah satu yang paling utama dari keuntungan menggunakan undangan pernikahan online adalah soal biaya yangxdi keluarkan. Jika Anda pakai undangan pernikahan online dapat menghemat hampir 90% biaya dari harga undangan cetak.

Biasanya untuk undangan nikah softcover berkisar Rp.1.400 - Rp.7.800 Per Lembar dan undangan nikah hardcover Rp.5.500 - Rp.11.150 Per Lembar.

Bayangkan jika harga tersebut di kali dengan jumlah orang yang akan Anda undang ke pernikahan, pastinya biaya yang sangat besar Anda butuhkan.

Sedangkan menggunakan undangan nikah online ada dapat memperolehnya secara gratis atau dapat membelinya satu kali, untuk harga undangan pernikahan online sekitar Rp.60.000 - Rp.200.000 untuk 1 tahun.

Untuk harga tersebut Anda sudah dapat memiliki sebuah undangan pernikahan online yang keren abis dan bisa di akses siapapun.

2. Undang Siapapun Tak Terbatas

Jika menggunakan undangan pernikahan online Anda dapat mengundang siapapun tamu, teman, kerabat, ataupun keluarga.

Undangan pernikahan online yang berbentuk website dapat di akses secara mudah melalui nama domain saja.

Selain itu, undangan nikah online dapat digunakan untuk di akses oleh orang tanpa batas. Yang artinya Anda dapat mengundang siapapun lebih mudah cukup share link dan bisa di lihat oleh ribuan orang sampai tak terbatas.

Mungkin kalau Anda menggunakan undangan cetak, perlu memikirkan jumlah berapa lembar undangan yang harus di cetak. Tapi, untuk undangan pernikahan online berbeda karena cukup di akses lewat internet saja.

3. Tampil Beda dan Keren

Undangan pernikahan online adalah inovasi baru karya digital masa kini. Pasalnya, konsep undangan nikah daring ini baru-baru ada tahun lalu, tapi sudah banyak yang mempraktikannya.

Anda dapat tampil terlihat berbeda karena menggunakan undangan nikah online, alasannya karena untuk membagikan undangan cukup kaya share link ke sosial media.

Selain itu, fitur-fitur undangan pernikahan online sangat menarik mulai dari akses halaman yang mudah, denah lokasi google maps, dan orang yang membuka undangan nikah online bisa mendengarkan latar musik atau backsound pilihan Anda.

Orang yang akan Anda undang juga akan merasa "ini adalah hal baru yang unik" dan pastinya tetap respect karena mereka adalah sebagian orang yang Anda kenal.

4. Waktu Lebih Fleksibel

Keuntungan lainnya menggunakan undangan pernikahan online adalah Anda dapat menghemat waktu dibandingkan menggunakan versi cetak.

Umumnya, jika pakai versi cetak Anda harus mengatur waktu kapan akan mencetak. Selanjutnya di susul dengan kapan waktu untuk menyebar undangan nikah.

Waktu seperti ini dapat diminimalisir bahkan di hilangkan menggunakan undangan nikah online, karena undangan ini sangat fleksible yaitu disebarpun melalui link bisa ke sosmed, website, atau kontak pesan langsung.

Dari pada Anda perlu keliling sebar undangan nikah dan belum tentu ornag yang Anda tuju selalu hadir di rumah. Undangan nikah online dapat menjawab perihal itu karena cukup memiliki kontak kerabat Ddan Anda bisa memberikan undangan nikah online ini melalui share link.

Tidak hanya itu, menggunakan undangan nikah online Anda juga dapat menggunakn fitur waktu hitung mundur. Sehingga, jika Anda mengatur hitung mundur waktu di website undangan online Anda dapat menetapkan waktu kapan saja mulai dari 1 tahun sebelum hari H.

Seperti itulah untungnya menggunakan undangan pernikahan online, selain merupakan hal baru yang unik.. Undangan nikah online juga merupakan solusi untuk menghemat biaya dan waktu, jadi segera coba ya !