Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Peluang Usaha Digital Terbaik, Preneur Wajib Coba Nih !

peluang-usaha-digital-terbaik

Jejakkrismon.com - Ide bisnis online mungkin banyak sekali peluangnya, tapi sudah coba bisnis semacam ini ? yaitu bisnis digital.

Apa Itu Bisnis Digital ?

Bisnis Digital adalah bisnis online yang berhubungan dengan produk atau layanan virtual digital. Umumnya bisnis digital ini tidak memiliki fisik sama sekali, hanya berbentuk sebuah program visual saja yang kemudian manfaat produknya dapat digunakan untuk keperluan di dunia online saja.

Anda pasti akan asing mendengar istilah bisnis online digital, pasalnya bisnis ini akan jarang sekali di pahami oleh banyak orang bahkan entrepreneur sekalipun belum terlalu paham walau tahu sedikit contohnya.


Contoh dari bisnis digital sebenarnya telah pernah Anda gunakan di kehidupan sehari-hari, namun Anda belum tahu potensi peluang usaha dibaliknya. Lalu untuk mengisi keingin tahuan Anda tentang bisnis digital, berikut ini beberapa saran ide bisnis digital yang perlu Anda coba.

1. Bisnis Online Dropship

Benar-benar tanpa modal dan tanpa memiliki barang fisik, bisnis dropship adalah salah satu bisnis digital terkini yang banyak dijalani oleh seorang enterpreneur. Model bisnis ini adalah berjualan online tanpa memiliki stock barang.

Pelakunya di sebut dengan dropshipper, orang yang menjual barang milik orang lain (distributor), lalu mendapatkan komisi dari atas penjualan barang tersebut. Untuk menjalankan bisnis ini Anda hanya perlu memiliki kemampuan marketing di internet, karena tugasnya memang berjualan secara online.

Cara menjalakan bisnis ini dimulai dengan Anda melakukan kontak dengan pemilik produk bisa melalui toko online, marketplace, ataupun dengan menjalin perjanjian dengan bisnis yang memiliki toko fisik namun belum memiliki etalase online.

2. Publisher Aplikasi Google Playstore

Walau sebutannya seperti seorang kreator, tapi sebenarnya publisher aplikasi adalah salah satu model bisnis digital saat ini. Bahkan belum banyak orang bermodal yang tahu bisnis online macam ini, karena pasalnya mereka dan bahkan Anda saja hanya menjadi penikmat dari sebuah aplikasi ponsel semacam android.

Membuat aplikasi di google playstore lalu mengadakan sistem berlanggganan berbayar adalah salah satu cara menghasilkan uang dari bisnis digital ini. Selai itu Kita dapat memperoleh omset dua kali lipat yaitu melalui sistem langganan aplikasi berbayar dan monetisasi iklan google.

Yang tidak perlu Anda khawatirkan adalah bagaimana cara Anda membuat aplikasi android. Kini, banyak sekali programmer yang mencari job pembuatan aplikasi dengan harga yang terjangkau, untuk membuat aplikasi sederhana saja Anda cukup membayar sekitar Rp.1.000.000 hingga Rp.3.000.000 untuk mendapatkan sebuah aplikasi berbasis Android.

3. Publisher e-Book Google Playstore

Mungkin Anda sudah memiliki profesi sebagai seorang penerbit buku, namun pasti Anda tahu sendiri kalau penjualan untuk sebuah buku itu cukup sulit bahkan dari persaingannya. Anda dapat mencoba merubah buku Anda ke dalam bentuk elektronik yaitu e-Book, kemudian memasarkannya melalui google play buku.

Google play buku sendiri adalah salah satu fitur google yaitu pasar buku elektronik yang satu tempat dengan google playstore. Umumnya Anda dapat mengupload versi gratis di google play book lalu juga dapat membuat harga sendiri untuk buku yang Anda terbitkan di google play store.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk menerbitkan buku elektronik di google play book benar-benar GRATIS. Artinya Anda tidak perlu membayar orang untuk upload e-Book di google play, Anda dapat melakukannya secara mandiri dengan buku yang Anda miliki. Buku yang paling laris di google play book biasanya seperti novel, sejarah, dan tips

4. Penyedia Foto dan Grafis

Kini karya fotografi Anda lebih di hargai banyak orang terlebih lagi warga negara asing. Anda dapat menjual atau menjadi sebagai penyedia stock photo dan grafis secara online.

Penyedia foto merupakan salah satu bisnis digital yang telah lama dilakoni oleh banyak sekali fotografer dunia. Pasalnya, mereka menjual setiap potret dari kameranya yang menghasilkan sebuah seni dan moment yang dapat digunakan kembali oleh orang-orang.

Biasanya karya fotografi akan digunakan untuk keperluan marketing di internet seperti untuk konten, brosur, dan masih banyak lagi. Anda bisa melihat contohnya di freepik.com, pexels.com, 500px, shutterstock untuk mengetahui cara kerja bisnis digital ini.

5. Udangan Pernikahan Online

Ada-ada saja memang sekarang ini, udangan pernikahan saja sekarang sudah dikirim via online. Tapi tidak hanya semacam undangan biasa saja, undangan pernikahan online adalah sebuah wedding card dan landing page yang di desain dengan bentuk tertentu lalu di share secara online baik melalui kontak sosial media dan website.

Sekarang baru-baru saja banyak yang memulai bisnis digital yang satu ini, yang artinya masih sangat besar potensi untuk bersaing. Anda perlu memiliki website tools untuk membuat undangan pernikahan secara online kemudian dapat mengadakan sistem berbayar ataupun gratis.

Tidak hanya itu saja, tools online seperti pembuat undangan pernikahan online bisa Anda monetisasi dengan iklan google sehingga walaupun Anda jadikan bisnis ini gratis Anda tetap bisa menghasilkan uang secara konsisten.

Jangan sampai terlewatkan sedikitpun salah satu ide bisnis digital di atas, karena Saya paham betul Anda bahkan belum pernah mencobanya. Sebenarnya masih banya sekali peluang usaha digital yang masih sedikit terjamah oleh pebisnis maka dari itu tetap stay disini untuk mendapatkan update terbaru ya !