Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Jenis-Jenis E-Wallet yang Perlu Anda Ketahui!

Jejakkrismon.comSama halnya dengan uang kebanyakan (uang fisik)  yang memiliki penyimpanan atau dompet sendiri, maka bagi uang digital, dikenal dengan istilah e-wallet. Meskipun demikian, masih banyak yang belum mengetahui mengenai pengertian dan jenis-jenis e-wallet tersebut. Bagaimana dengan Anda sendiri?

Meskipun mungkin Anda juga belum mengetahuinya, namun jangan khawatir. Dalam kesempatan ini, akan dibahas mengenai pengertian dari e-wallet, serta jenis-jenisnya. Siapa tahu, dengan menyimak ulasan ini, Anda juga akan tertarik menggunakan uang digital, bahkan juga menggunakan e-wallet ini.

Inilah Pengertian dan Jenis-Jenis E-Wallet yang Perlu Anda Ketahui!

Tak jauh berbeda dengan namanya, e-wallet yaitu electronic wallet, merupakan dompet penyimpanan khusus untuk uang digital. Apakah Anda tahu yang dinamakan uang digital itu? Pengertian dari uang digital/uang elektronik adalah salah satu alat pembayaran yang berbentuk elektronik, dimana biasanya proses pembayarannya menggunakan jaringan internet.

Baca Juga : Kenali Yuk, Kelebihan dan Kekurangan E-Wallet Berikut Ini!

Sementara penyimpanannya, menggunakan tempat penyimpanan khusus (e-wallet) yang tersimpan dengan aman dalam perangkat komputer. Dengan kata lain, saat Anda akan menggunakan uang digital, maka Anda memerlukan jaringan internet, serta perangkat komputer/smartphone, sebagai media yang digunakan.

Dari pengertian mengenai uang digital diatas, maka Anda bisa menarik kesimpulan, bahwa e-wallet adalah tempat penyimpanan khusus untuk uang digital/elektronik, yang biasanya penyimpanannya terhubung dengan perangkat komputer/smartphone, serta memerlukan akses internet dalam penggunaannya.

Meskipun demikian, pengertian e-wallet pada Wikipedia, diterangkan dengan lebih spesifik. Dimana e-wallet diartikan sebagai suatu layanan elektronik yang berfungsi untuk menyimpan data dan beberapa instrumen pembayaran, menampung dana elektronik, hingga melakukan pembayaran.

Baca Juga : 4 Keuntungan Pakai Undangan Pernikahan Online Untuk Acara Nikahan Anda !

Bentuk e-wallet ini bisa berupa software, namun ada juga yang berbentuk sebuah aplikasi. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu menyimpan dan menampung dana, serta melakukan transaksi pembayaran dengan uang elektronik yang disimpan.

Jika kini Anda sudah paham mengenai pengertian dari e-wallet ini. Maka sekarang, Anda bisa mencari tahu apa saja yang termasuk ke dalam jenis-jenis e-wallet tersebut. Penjelasan mengenai hal itu, akan diberikan dalam ulasan berikut ini. 

Apa Saja Jenis-Jenis dari E-Wallet Itu?

Jenis-jenis dari e-wallet tersebut sebenarnya terdiri dari beberapa macam. Dimana semuanya memang menawarkan layanan dompet digital dengan berbagai kelebihannya. Namun kali ini, hanya akan dijelaskan beberapa diantaranya saja.

1.Gopay                                                                                  

Salah satu jenis e-wallet yang paling populer saat ini adalah Gopay. Dimana jenis e-wallet ini dimiliki oleh sebuah aplikasi transportasi online yang dikenal dengan nama Gojek. Seiring dengan popularitas dari aplikasi Gojek itu sendiri, secara tidak langsung membuat Gopay menjadi e-wallet yang paling banyak digunakan saat ini. Khususnya bagi para pengguna aplikasi Gojek.

2.LinkAja                                                                        

LinkAja merupakan salah satu e-wallet yang dibuat dari penggabungan (merger) beberapa e-wallet yang dimiliki BUMN lainnya. Seperti T-Cash, Mandiri e-Cash, T-Bank, T-Money dan juga Unikqu. Meskipun demikian, pada tahun 2019 yang lalu, LinkAja pernah menempati posisi keempat, sebagai e-wallet yang memiliki pengguna dengan jumlah yang terbanyak.

3.Dana                                                                                                

Mengenal pengertian dan jenis-jenis e-wallet ini, tak lengkap rasanya jika tidak membicarakan Dana. Karena salah satu e-wallet yang baru diluncurkan pada tahun 2018 ini, telah sukses menarik minat banyak orang. Terbukti, dengan ditetapkannya Dana sebagai e-wallet dengan jumlah pengguna terbanyak, yang menempati posisi ketiga, beberapa waktu yang lalu.

Dana sendiri merupakan salah satu e-wallet yang dibentuk atas kerjasama antara Emtek Group dan juga Ant Financial. Dana menjadi salah satu e-wallet yang paling populer, setelah digunakan sebagai metode pembayaran di aplikasi marketplace Bukalapak.

Baca Juga : Cara Daftar Akun Bank Neo+ Terbaru Oktober 2021, Aplikasi Penghasil Uang Tercepat !

Selain ketiga e-wallet diatas, sebenarnya masih banyak e-wallet lainnya yang ada saat ini. Di Indonesia saja, ada e-wallet yang dikenal dengan nama OVO, iSaku, Jenius, dan juga Go Mobile CIMB. Sementara di kancah internasional, mungkin Anda pernah mendengar e-wallet Paypal, Neteller, dan juga Skrill. Semuanya merupakan jenis-jenis e-wallet yang telah memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak.

Dari pengertian dan jenis-jenis e-wallet diatas, setidaknya bisa menjadi pengetahuan baru bagi Anda mengenai e-wallet dan juga uang digital. Dari semua jenis e-wallet yang telah disebutkan diatas, adakah e-wallet yang pernah Anda gunakan? Sejauh ini, bagaimana tingkat kepuasan Anda dalam menggunakan e-wallet tersebut?