Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Ide Bisnis Rumahan Di Desa Yang Wajib Di Coba

Pada sebagian orang yang sibuk yang ingin meninggalkan hiruk pikuk perkotaan untuk dapat memulai hidup baru ialah merupakan sebuah impian dan salah satunya ialah dengan pindah ke desa. Dengan berpindah ke desa maka dapat memanfaatkan hari-hari dengan momentum yang lebih pelan dan juga santai. Selain itu juga ini dipercaya dapat menjernihkan pikiran serta relaksasi yang bisa lebih mudah untuk dijalankan. Tidak hanya itu kehidupan dan juga budaya di pedesaan yang lebih dekat dengan alam dan juga budaya ini dapat menjadi pengalaman hidup yang baru setiap harinya. Kini memilih desa sebagai tempat tinggal masa depan ini bukan hanya dilakukan oleh mereka yang sudah senior agar tapi mereka yang usia produktif pun mulai mempertimbangkan nya. Tidak jarang pula mereka memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan tetap di kota untuk segera banting stir ke desa. Lantas bagaimanakah ah dengan pemasukan yang bisa anda dapatkan ketika anda hidup di pedesaan? Anda tidak perlu khawatir di dalam artikel ini ada beberapa ide bisnis rumahan yang bisa anda manfaatkan ketika Anda tinggal di pedesaan. 

Berikut ini beberapa ide bisnis rumahan di desa yang wajib untuk dicoba.

1. Bisnis sayur-mayur dan buah segar

Ide bisnis rumahan di desa yang bisa Anda coba yang pertama ialah bisnis sayuran dan buah segar. Salah satu penghasilan yang paling identik dengan desa ialah hasil tani. Bagaimana tidak pada kebanyakan masyarakat yang berprofesi sebagai petani ini memanfaatkan lahan hijau mereka untuk mereka manfaatkan bercocok tanam. Melihat peluang ini maka tentu saja Anda dapat memanfaatkannya sebagai sumber ide bisnis di rumahan. Disini anda bisa mencoba untuk bekerjasama dengan para petani lokal untuk dapat membantu mereka mendistribusikan hasil taninya ke kota. Akan tetapi pastikan juga untuk membangun jejaring dengan badan usaha lain agar anda dapat menawarkan hasil tani mereka. Lewat koneksi yang anda punya maka anda bisa membangun perekonomian desa di tempat tinggal Anda dan juga mendukung petani lokal untuk dapat melakukan penjualan hasil panen yang segar.

2. Bisnis kuliner

Ide bisnis perumahan di pedesaan yang wajib Anda coba yang selanjutnya ialah bisnis kuliner. Jika kita membicarakan soal bisnis yang paling fleksibel dan juga dapat menyesuaikan tren ialah bisnis kuliner. Di dalam hal ini tentu saja dapat menjadi ide bisnis rumahan di desa yang bisa Anda jalankan. Anda bisa memulai bisnis kuliner ini dengan menjual masakan rumahan untuk lauk sehari-hari dan tentu saja tidak dibutuhkan modal yang besar untuk bisnis yang satu ini. Anda bisa membuat menu-menu yang mudah dan juga sudah pasti untuk dicari seperti tumisan atau gorengan. Pilihan lainnya jika Anda memang mempunyai modal yang lebih maka anda juga bisa memulai bisnis kopi di desa tempat tinggal Anda akan tetapi pastikan juga untuk menyesuaikan dengan para audiens di desa yaitu dengan menjual kopi yang mempunyai harga yang terjangkau.

3. Bisnis potong rambut

Jika anda mempunyai kelebihan dan juga meminati dalam bisnis hairdressing maka anda bisa memanfaatkannya dengan memulai bisnis potong rambut di saat Anda kerja ke desa. Potong rambut adalah salah satu hal yang terus dilakukan dan peminatnya pun dari berbagai kalangan dari laki-laki hingga perempuan. Hanya dengan menggunakan gunting dan skill saja maka anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan yang langsung dari halaman rumah Anda secara sederhana. Tentukanlah dengan konsisten maka anda bisa melihat berbagai tutorial gaya rambut di internet agar semakin lihai. Dan jika sudah cukup stabil maka anda bisa mempekerjakan penduduk desa agar terus dapat berkembang.

4. Bisnis mengajar

Dengan banyaknya anak-anak yang masih bersekolah di desa ini menjadikan peluang bisnis baru bagi anda untuk dapat memulai hidup di desa. Proses jika Anda memang suka mengajar anak-anak dan bimbingan belajar di desa ini bisa menjadi salah satu ide bisnis yang tepat bagi anda. Untuk dapat memulainya Anda bisa menggunakan ruangan di rumah Anda atau bisa memanfaatkan ruang publik untuk dapat belajar secara bersama.

Itulah dia beberapa ide bisnis rumahan di desa yang bisa anda manfaatkan untuk dapat mendapatkan cuan. Semoga bermanfaat!!