Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Yakinkan Konsumen Belanja Online

Terdapat banyak bisnis online yang harus menghadapi kendala untuk meyakinkan konsumen mereka di dalam berbelanja online. Terutama bagi pebisnis online yang baru diluncurkan bisnis mereka. Reputasi di internet ini masih belum terbentuk sehingga membuat banyak orang yang belum percaya secara penuh mengenai bisnis yang baru diluncurkan tersebut. Apalagi keberadaan dari toko online yang abal-abal masih cukup marak dan membuat sebagian masyarakat menjadi cemas ketika mereka berbelanja online di dunia maya. Hal ini membuat mereka menjadi lebih memilih berbelanja di toko online yang terkenal saja dan mengabaikan toko online yang baru.

Bagi Anda yang mengalami masalah tersebut dan Anda masih bingung untuk mengatasinya berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat konsumen yakin untuk belanja online di toko anda.


1. Mencantumkan contact person


Cara untuk membuat konsumen yakin berbelanja di toko online yang pertama ialah dengan mencantumkan contact person. Anda disarankan untuk dapat mencantumkan semua kontak person yang anda miliki di website atau toko online yang anda punya. Mulai dari nomor telepon serta kontak WhatsApp dan media sosial lainnya. Yang mana semakin banyak contact person yang ditampilkan maka semakin muda calon konsumen menghubungi anda untuk bertanya-tanya. Pastinya Anda harus secara responsif di dalam membalas pesan yang masuk tidak disarankan untuk membuat konsumen menunggu lama untuk mendapatkan balasan dikarenakan mereka pasti akan tidak sabar dan beralih ke toko online yang lain.

2. Bekerjasama dengan ecommerce ternama

Tips untuk membuat konsumen percaya saat berbelanjan online selanjutnya alah dengan bekerja sama dengan e-commerce tang ternama dan terpercaya. Kini telah terdapat sejumlah website e-commerce yang ada di Indonesia. Anda dapat menjalin kerjasama untuk dapat memasarkan produk yang anda miliki di website mereka. Contohnya seperti Lazada dan Tokopedia serta e-commerce lain yang ada di Indonesia. Dengan menjual produk Anda di berbagai website dari ecommerce yang ternama maka anda dapat menjaga konsumen yang lebih luas sekaligus dapat membangun kredibilitas. Reputasi bisnis Anda juga dapat meningkat dikarenakan produk ada ini semakin dikenal oleh para pengguna situs e-commerce tersebut.

3. Publikasi media sosial

Cari selanjutnya ialah dengan publikasi di media sosial. Anda juga bisa melakukan kerjasama untuk publikasi artikel tentang bisnis yang anda miliki di sejumlah media Anda bisa memilih website yang kredibel maupun blog yang terkenal untuk mengulas bisnis Anda secara positif yang nantinya para pembaca media tersebut ini akan memilih dengan brand yang anda miliki dan menjadi tertarik setelah mengetahui lebih lanjut mengenai produk Anda.

4. Membuat kegiatan offline

Cara selanjutnya ialah dengan membuat kegiatan offline. Anda bisa ber interaksi langsung dengan para konsumen dengan mengadakan berbagai kegiatan offline contohnya dengan membuat event bersama dengan komunitas ataupun membuka gerai di acara pameran. selain itu Anda juga bisa menggelar bazar dan lain-lain yang merupakan aktivitas online yang dapat membuat produk Anda ini semakin dikenal di masyarakat luas serta meningkatkan penjualan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuat konsumen yakin untuk berbelanja online. Dengan Anda melakukan beberapa cara dan tips di atas akan membantu Anda dapat menjalankan bisnis dan mendapatkan lebih banyak pembeli dan dapat berbelanja kembali di tempat bisnis Anda. Semoga bermanfaat!!